DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR (DP3A) MUSEUM MUSIK TRADISIONAL JAWA TENGAH DI BENTENG VASTENBURG SURAKARTA

Ismanto, Agus (2011) DASAR PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR (DP3A) MUSEUM MUSIK TRADISIONAL JAWA TENGAH DI BENTENG VASTENBURG SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (334kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (210kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perencanaan dan perancangan bangunan museum musik tradisional Jawa Tengah di Benteng Vastenburg Surakarta yang sesuai dengan konservasi bangunan serta menggabungan arsitektur kolonial dan arsitektur tradisional sehingga menjadi daya tarik tersindiri, serta membuat sebuah tempat pertunjukan musik tradisional sebagai sarana pendukung. Keberadaan musik tradisional Jawa Tengah saat ini terutama ”gamelan” yang merupakan dan bersifat peninggalan dari nenek moyang dan lingkungan diluar keraton, menjadi incaran pihak kolektor barang-barang antik terutama dari luar negeri, untuk menghindari kepunahan peninggalan seni tersebut maka memerlukan wadah pelestarian, sehingga benda hasil karya seni nenek moyang, dapat diselamatkan dan dilestarikan. Museum musik tradisional Jawa Tengah merupakan wadah yang dapat menampung alat musik tradisional Jawa Tengah untuk dijaga kelestariannya, di dokumentasikan, dapat dipelajari, dimengerti atau dihayati nilai budayanya, yang dirasakan semakin tahun banyak yang terlupakan oleh karena tergeser oleh tatanan musik barat, juga menghindari barang-barang peninggalan budaya terhadap kolektor-kolektor luar negeri yang sangat berminat untuk memiliki alat musik tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Museum Musik Tradisional, Benteng Vastenburg.
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Sep 2011 05:54
Last Modified: 16 Sep 2011 05:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14441

Actions (login required)

View Item View Item