ANALISA PERAMALAN KEBUTUHAN ENERGI LISTRIK PLN KOTA SURAKARTA TAHUN 2011-2015 UNTUK KONSUMEN (Studi Kasus: PT. PLN (Persero) APJ Surakarta)

IMTIKHAN, NOVEL (2011) ANALISA PERAMALAN KEBUTUHAN ENERGI LISTRIK PLN KOTA SURAKARTA TAHUN 2011-2015 UNTUK KONSUMEN (Studi Kasus: PT. PLN (Persero) APJ Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (220kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (271kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembangunan pusat-pusat tenaga listrik serta jaringan transmisi dan distribusi membutuhkan jumlah investasi yang besar dan jangka waktu pembangunan yang lama dibandingkan pembangunan industri lainnya. Disamping itu pertambahan penduduk dapat memicu terjadinya peningkatan kebutuhan energi listrik setiap tahunnya. Untuk memenuhi kebutuhan tenaga listrik seluruh pelanggan, perlu dilakukan peramalan kebutuhan tenaga listrik dalam membangkitkan tenaga listrik secara ekonomis sebelum kebutuhan tenaga listrik itu sendiri terjadi. Peramalan kebutuhan energi listrik pada PT. PLN (persero) Area Pelayanan Jaringan Surakarta ini menggunakan metode gabungan yaitu suatu metode yang disusun dengan menggabungkan metode analitis, kecenderungan dan ekonometri, menggunakan pendekatan sektoral dengan mengelompokkan pelanggan menjadi empat sektor, yaitu rumah tangga, bisnis, umum, industri. Perhitungan menggunakan persamaan-persamaan yang sudah diketahui, dengan Ms. Exel sebagai alat bantu perhitungan. Hasil analisis peramalan di wilayah Kota Surakarta dari data peramalan yang diperoleh dari tahun 2006 sampai dengan tahun 2010, adalah peramalan konsumsi energi listrik (KWh), daya tersambung (VA), jumlah pelanggan, produksi total (KWh) dan beban puncak (KW). Kebutuhan konsumsi energi listrik Kota Surakarta diramalkan meningkat rata-rata sebesar 2,13% setiap tahunnya. Untuk 5 tahun mendatang kebutuhan energi listrik setiap sektor mengalami kenaikan rata-rata adalah sektor rumah tangga 1,42% pertahun, bisnis 4,34% pertahun, umum 3,25% pertahun, dan industri 0,17% pertahun. Kenaikan tersebut mengikuti kenaikan daya terpasang persektor, PDRB persektor dan jumlah pelanggan. Sedangkan untuk daya terpasang mengalami kenaikan rata-rata adalah sektor rumah tangga 1,21% pertahun, bisnis 1,81% pertahun, umum 2,64% pertahun, dan industri 0,20% pertahun. Kenaikan tersebut mengikuti kenaikan PDRB persektor dan jumlah pelanggan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK D600/2011-009
Uncontrolled Keywords: kebutuhan energi listrik, metode gabungan, peramalan,
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Sep 2011 04:55
Last Modified: 03 Nov 2011 06:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14436

Actions (login required)

View Item View Item