PELAKSANAAN SITA JAMINAN TERHADAP BARANG MILIK TERGUGAT SEBAGAI JAMINAN DALAM SATU PERKARA PERDATA (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Surakarta)

YUNIANTO, AGUNG (2011) PELAKSANAAN SITA JAMINAN TERHADAP BARANG MILIK TERGUGAT SEBAGAI JAMINAN DALAM SATU PERKARA PERDATA (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Surakarta). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (557kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (199kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07._Daftar_Pustaka.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Lampiran)
08._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui pertimbangan hakim dalam mengabulkan permohonan sita jaminan terhadap barang milik tergugat sebagai jaminan dalam satu perkara perdata di wilayah hukum pengadilan negeri surakarta. 2. Untuk mengetahui kapan juru sita melaksanakan sita jaminan terhadap barang milik tergugat sebagai jaminan dalam satu perkara perdata. 3. Untuk mengetahui pelaksanaan sita jaminan terhadap barang milik tergugat sebagai jaminan dalam satu perkara perdata di wilayah hukum pengadilan surakarta. Menurut bidangnya penelitian ini termasuk penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan normatif sosiologis. Tempat yang digunakan untuk penelitian adalah di Pengadilan Negeri Surakarta. Jenis dan Sumber Data adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan metode kepustakaan. Teknik analisis data dengan menggunakan model analisis interaksi melalui tiga unsur utama yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan tiga kegiatan ini menjamin penelitian ini mendapatkan hasil yang valid dari data-data yang terkumpul dengan dengan didukung teori yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pertimbangan hakim dalam mengabulkan permohonan sita jaminan: a. Adanya permohonan dari penggugat yang diajukan ke ketua majelis pengadilan negeri Surakarta, b. Pemeriksaan perkara oleh hakim, c. Hakim mengabulkan sita jaminan, 2. Kapan juru sita melaksanakan sita jaminan terhadap barang milik tergugat sebagai jaminan dalam satu perkara perdata: Setelah hakim menerbitkan penetapan sita jaminan dengan kata lain mengabulkan permohonan sita jaminan dari permohonan penggugat. 3. Pelaksanaan sita jaminan oleh juru sita pengadilan negeri surakarta terhadap barang milik tergugat sebagai jaminan dalam satu perkara perdata: a. Berdasar perintah ketua sidang, b.Panitera melaksanakan sita, c. Pelaksanaan sita dilakukan di tempat, d. Majelis memberikan keputusan sah dan berharga sita jaminan. Saran- saran yang diajukan: 1. Diperlukan ketelitian bagi kreditur dalam memberikan pinjaman, 2. Diperlukan itikad baik dari pihak debitur dalam menjalankan perjanjian utang piutang, 3. Perlu pemahaman tentang kasus yang dihadapi bagi pihak pengadilan negeri yang berwenang, 4. Majelis Hakim harus benar-benar mempelajari kasus yang ditangani.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sita jaminan,barang milik tergugat sebagai jaminan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 16 Sep 2011 03:15
Last Modified: 16 Sep 2011 03:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14433

Actions (login required)

View Item View Item