PENERAPAN MK2MH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

HENDRASTUTI, RISKA PUTRI (2011) PENERAPAN MK2MH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (145kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 2 Surakarta dengan menggunakan Media Kartu Klasifikasi Makhluk Hidup (MK2MH). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan menggunakan media kartu klasifikasi makhluk hidup yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa baik dalam aspek kognitif maupun afektif, dilihat dari aspek kognitif banyaknya siswa yang memperoleh nilai  65 sebelum tindakan sebanyak 15 siswa (55%), dan mencapai 29 siswa (91%) pada siklus III, sedangkan dilihat dari aspek afektif sebesar 11,36 (cukup berminat) pada siklus I dan meningkat hingga 15,13 (berminat) pada siklus III. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa media kartu klasifikasi makhluk hidup (MK2MH) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A420/2011-19
Uncontrolled Keywords: Media Kartu Klasifikasi Makhluk Hidup (MK2MH), hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Sep 2011 06:52
Last Modified: 31 Oct 2011 05:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14427

Actions (login required)

View Item View Item