APLIKASI PUPUK CAIR HASIL FERMENTASI KOTORAN PADAT KAMBING TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI (Brassica juncea ) SEBAGAI PENGEMBANGAN MATERI MATA KULIAH FISIOLOGI TUMBUHAN

SUPARDI, AGUS (2011) APLIKASI PUPUK CAIR HASIL FERMENTASI KOTORAN PADAT KAMBING TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI (Brassica juncea ) SEBAGAI PENGEMBANGAN MATERI MATA KULIAH FISIOLOGI TUMBUHAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (405kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kotoran padat kambing merupakan pupuk kandang yang pemanfaatanya belum maksimal, sehingga tidak dapat memberikan manfaat yang baik bagi pertumbuhan tanaman sayuran, khususnya tanaman sawi (Brassica juncea). Masyarakat belum menemukan cara yang optimal untuk memanfaatkan kotoran padat kambing sebagai pupuk pengganti pupuk kimia sehingga hanya dipakai langsung untuk pemupukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan bahan lain dalam pembuatan pupuk organik cair dan konsentrasi pemberian yang berbeda terhadap pertumbuhan tanaman sawi (Brassica juncea). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Green House Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial terdiri dari 2 faktor yaitu faktor 1 bahan campuran (tanpa penambahan bahan lain, limbah buah, dan daun mimba) dan faktor 2 konsentrasi pemberian (20%, 30% dan 40%) dengan 4 kali ulangan, sehingga kedua faktor perlakuan diperoleh 36 macam kombinasi. Data dianalisis dengan Anava Dua Jalur dan dilanjutkan dengan uji Duncan dari perlakuan yang menunjukkan adanya pengaruh untuk mengetahui perlakuan yang menunjukkan pengaruh terbaik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan C1K1 (pupuk cair dengan penambahan limbah buah, konsentrasi pemberian 20%) memberikan pengaruh terbaik dari awal sampai akhir jika dibandingkan dengan perlakuan yang lain baik pada tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun dan biomassa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penambahan bahan lain berpengaruh pada pertumbuhan tanaman sawi meskipun tidak menunjukkan pengaruh yang nyata.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kotoran padat kambing, Pertumbuhan, Tanaman Sawi, Pupuk cair
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Sep 2011 06:01
Last Modified: 15 Sep 2011 06:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14422

Actions (login required)

View Item View Item