PELAKSANAAN HAK DAN KEWAJIBAN SERIKAT PEKERJA MENURUT UU NO. 21 TAHUN 2000 TENTANG SERIKAT PEKERJA DI PT. SURAKARTA SENTOSA SEJAHTERA

NURFITRI, DEWI (2011) PELAKSANAAN HAK DAN KEWAJIBAN SERIKAT PEKERJA MENURUT UU NO. 21 TAHUN 2000 TENTANG SERIKAT PEKERJA DI PT. SURAKARTA SENTOSA SEJAHTERA. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (150kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (72kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hak-hak yang didapat oleh serikat pekerja di PT Surakarta Sentosa Sejahtera, mengetahui kewajiban-kewajiban perkerja dalam perjanjian kerja PT Surakarta Sentosa Sejahtera dan untuk mengetahui pelaksanaan hak dan kewajiban serikat kerja di PT Surakarta Sentosa Sejahtera ditinjau dari Undang-Undang Serikat Pekerja. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan mengunakan metode pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah yuridis emperis. Berkaitan dengan jenis penelitian yang dimaksud di atas maka penelitian ini akan mendiskripsikan tentang hak-hak yang didapat oleh serikat pekerja di PT Surakarta Sentosa Sejahtera, kewajiban-kewajiban perkerja dalam perjanjian kerja PT Surakarta Sentosa Sejahtera dan pelaksanaan hak dan kewajiban serikat pekerja di PT Surakarta Sentosa Sejahtera ditinjau dari Undang-Undang Serikat pekerja. Lokasi penelitian dilakukan di Kota Surakarta. Sumber data yang digunakan meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan penelitian lapangan yakni dengan wawancara dan penelitian kepustakaan dengan membaca dan mempelajari buku-buku, peraturan perundang-undangan dan dokumen-dokumen. Teknik analisis data kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua hak pekerja yang terdapat dalam Undang-Undang No 21 tahun 2000 tentang Serikat Pekerja telah termuat dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang pada akhirnya akan berimbas pada pemenuhan hak pekerja dalam pelaksanaannya. Pekerja sebagai pihak yang paling rawan mengalami kerugian seharusnya memiliki kesadaran akan hak-hak yang seharusnya mereka dapatkan. Karena dengan menyadari hal-hal tersebut tingkat kerugian dari pihak pekerja akan lebih dapat diminimalkan. Pengusaha sebagai pemilik ataupun sebagai pihak pemimpin perusahaan seharusnya tidak mementingkan keuntungannya sendiri akan tetapi juga perlu memperhatikan kesejahteraan pekerjanya, karena bagaimanapun juga para pekerja telah banyak berjasa bagi kelangsungan perusahaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HAK DAN KEWAJIBAN, SERIKAT PEKERJA, UU NO. 21 TAHUN 2000
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 15 Sep 2011 03:06
Last Modified: 15 Sep 2011 03:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14411

Actions (login required)

View Item View Item