PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA BANGUN RUANG MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) BAGI SISWA KELAS VIII SEMESTER II MTs NEGERI TEMON BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011

Burhanudin, Sofwan (2011) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA BANGUN RUANG MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) BAGI SISWA KELAS VIII SEMESTER II MTs NEGERI TEMON BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1.halaman_depan.pdf

Download (319kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2.BAB_I_shof.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (Bab II)
3.BAB_II_shoft.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] PDF (Bab III)
4.BAB_III_shoft.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab IV)
5.BAB_IV_shoft.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab V)
6.BAB_V_shoft.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7.Dapus_skripsi_shoft.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
8.LAMPIRAN_shoft.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar matematika siswa melalui penerapan strategi pembelajaran kontekstual. Pendekatan penelitian adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Temon, yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang antusias dalam: a) persiapan dalam mengikuti pembelajaran, sebelum tindakan 31,25%, putaran I 53,12%, dan putaran II 71,87%, b) belajar kelompok sebelum tindakan 25%, putaran I 46,87%, dan putaran II 68,75% , c) menanggapi atau mengajukan pertanyaan, sebelum tindakan 6,25%, putaran I 9,37%, dan putaran II 21,87%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar. Pembelajaran kontekstual.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Sep 2011 08:46
Last Modified: 20 Nov 2019 03:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14406

Actions (login required)

View Item View Item