PENGUJIAN KARAKTERISTIK PEMBAKARAN MODEL BURNER DENGAN DIAMETER 26 MM DENGAN JUMLAH LUBANG 8,11 DAN 16 PADA KOMPOR METANOL

WIBOWO, ANDI (2011) PENGUJIAN KARAKTERISTIK PEMBAKARAN MODEL BURNER DENGAN DIAMETER 26 MM DENGAN JUMLAH LUBANG 8,11 DAN 16 PADA KOMPOR METANOL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
JUDUL.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)

Abstract

Bahan bakar minyak mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Bahan bakar minyak merupakan bahan bakar yang tidak bisa diperbaharui, serta harga bahan bakar minyak yang saat ini terus mengalami kenaikan. Kebijakan pemerintah dalam konversi minyak tanah ke gas LPG masih mengalami banyak masalah.Maka untuk mengatasi masalah itu dilakukan penelitian dengan bahan bakar alternatif metanol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jumlah lubang burner kompor metanol terhadap karakteristik pembakaran. Penelitian ini menggunakan bahan bakar alternatif yaitu metanol. Penelitian pada kompor metanol diawali dengan menggunakan 3 burner yang divariasikan berdasarkan variasi jumlah lubang burner yaitu 8 lubang, 11 lubang dan 16 lubang. Tahap penelitian untuk setiap masing-masing variasi burner adalah dengan melakukukan pengujian terhadap karakteristik pembakaran yaitu dengan cara menguji temperatur api yang dihasilkan melalui 4 titik, waktu pendidihan air sebanyak 500 ml, serta konsumsi bahan bakar. Tinggi tabung bahan bakar 6 cm. Hasil penelitian diketahui bahwa variasi jumlah lubang berpengaruh terhadap kinerja dari sebuah burner. Kestabilan api terbaik diperoleh pada burner lubang 8.Temperatur api tertertinggi diperoleh pada burner lubang 11. Konsumsi bahan bakar paling hemat sampai air mendidih pada burner lubang 11, waktu pendidihan air paling cepat juga burner lubang 11.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metanol, Lubang burner, Temperatur, Waktu pendidihan, Konsumsi bahan bakar
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Sep 2011 06:51
Last Modified: 14 Sep 2011 06:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14402

Actions (login required)

View Item View Item