PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DI SMP N 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2007/2008

Budiarti, Evi (2008) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DI SMP N 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A420040043.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)

Abstract

Siswa kelas VIIE SMP N 1 Kartasura dalam proses pembelajarannya masih cenderung monoton dan masih berpusat pada guru, banyak siswa yang ramai pada saat pembelajaran berlangsung, siswa banyak yang pasif, menganggap Biologi sebagai ilmu yang penuh dengan hafalan, metode maupun pendekatan yang digunakan guru kurang bervariasi. Berdasarkan hasil observasi tersebut maka peneliti dan guru Biologi memilih pembelajaran dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIIE SMP N 1 Kartasura Tahun Ajaran 2007/2008. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode diskusi. Data hasil belajar Biologi siswa diambil dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawanara, catatan lapangan dan review. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar biologi siswa sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata sebesar 48.60 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 62.86, rata-rata siklus II meningkat menjadi 74.60, dan rata-rata pada siklus III meningkat menjadi 81.70, menunjukkan setelah diberikan materi dengan menggunakan pendekatan kontekstual (CTL) berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0.3996 point atau 39.96%. Untuk aspek afektif mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 22.37 (siswa kurang berminat), siklus II sebesar 32.95 (siswa cukup berminat), siklus III sebesar 41.67 (siswa berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIIE SMP N I Kartasura Tahun Ajaran 2007/2008 pada aspek kognitif sebesar 0.3996 point atau 39.96%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan kontektual (CTL), hasil belajar Biologi siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Jul 2008 07:02
Last Modified: 01 Feb 2011 06:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/144

Actions (login required)

View Item View Item