JAMINAN DAN PEMBIAYAAN KONSUMEN STUDI TENTANG PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMBERI JAMINAN (DEBITUR) DALAM PERJANJIAN PEMBIAYAAN KONSUMEN KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus di PT. FIF Surakarta)

HARTANTO, SURYA SANJI (2011) JAMINAN DAN PEMBIAYAAN KONSUMEN STUDI TENTANG PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMBERI JAMINAN (DEBITUR) DALAM PERJANJIAN PEMBIAYAAN KONSUMEN KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus di PT. FIF Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HAL_SAMPUL-ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mendsekripsikan konstruksi hukum dari perjanjian jaminan yang diterapkan dalam perjanjian pembiayaan konsumen di PT. FIF Surakarta. 2. Untuk mendeskripsikan dan mengeksplanasikan pelaksanaan perjanjian jaminan antara konsumen dengan PT. FIF Surakarta. 3.Untuk mendeskripsikan dan mengeksplanasikan perlindungan hukum terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam perjanjian pembiayaan konsumen di PT. FIF Surakarta. Menurut bidangnya penelitian ini termasuk penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan yuridis sosiologis. Tempat yang digunakan untuk penelitian adalah di PT. FIF Surakarta. Jenis dan Sumber Data adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan metode kepustakaan. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui tiga cara, yaitu: melalui wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Analisis yang digunakan adalah metode analisis kualitatif, yang dilakukan melalui tahapan-tahapan sebagai berikut: analisis domain, analisis taksonomis, dan analisis komponensial. Pada tahap akhir akan dilakukan penafsiran data, dimana teori-teori yang ada diaplikasikan ke dalam data, sehingga terjadi suatu dialog antara teori di satu sisi dengan data di sisi lain. Hasil penelitian: 1. Konstruksi Hukum dari Perjanjian Jaminan yang Diterapkan dalam Perjanjian Pembiayaan Konsumen di PT. FIF Surakarta: a. Subjek hukum dalam perjanjian jaminan adalah PT. FIF Surakarta dan Pihak penerima pembiayaan; b.Objek hukum dalam perjanjian jaminan adalah berupa kendaraan bermotor yang dibutuhkan oleh penerima pembiayaan; 2. Pelaksanaan perjanjian jaminan adalah Pihak-pihak yang terlibat dalam Perjanjian Fidusia ini pihak pertama selaku Pemberi Fidusia dan pihak kedua selaku Penerima Fidusia melakukan penandatanganan akta Jaminan Fidusia setelah penandatangan akta perjanjian pembiayaan. 3. Perlindungan hukum yang diharapkan dengan adanya jaminan fidusia adalah: Apabila penerima dana pada perjanjian pembiayaan konsumen telah memenuhi prestasinya yaitu dapat menyelesaikan kewajibannya membayar angsuran kredit sampai lunas, maka jaminan kendaraan dengan menyerahkan BPKB. Apabila penerima dana pada perjanjian pembiayaan konsumen melakukan wanprestasi yaitu lalai memenuhi prestasinya, maka diadakan diberi somasi atau peringatan hingga eksekusi. Apabila terjadi overmatch bila objek telah diasuransikan maka penerima dana akan mendapatkan ganti rugi, tetapi bila tidak diasuransikan, maka penerima dana tetap berkewajiban membayar angsuran sampai lunas sebagaimana kesepakatan awal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perjanjian jaminan, pembiayaan konsumen
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Sep 2011 04:07
Last Modified: 12 Sep 2011 04:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14336

Actions (login required)

View Item View Item