OPTIMALISASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI GENERATIF DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KUBUS DAN BALOK (PTK Kelas VIII Semester Genap SMP N 3 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011)

DEWI, RUSFIKA (2011) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI GENERATIF DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KUBUS DAN BALOK (PTK Kelas VIII Semester Genap SMP N 3 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (150kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini : (1) Mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran Generatif dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika, dan (2) Mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran Generatif dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Pendekatan penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Kartasura, yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan keaktifan belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan belajar siswa meliputi: a) keberanian siswa mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 15,625% dan di akhir tindakan 53,125%, b). keberanian siswa mengemukakan ide dan menjawab pertanyaan sebelum tindakan 28,125% dan di akhir tindakan 87,5%, c). keberanian siswa mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 48,44% dan di akhir tindakan 53,125%, d). aktif dalam kelompok diskusi sebelum tindakan 25% dan di akhir tindakan 78,125%, dan (2) Ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 65 sebelum tindakan 37,5% dan di akhir tindakan 81,25%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Generatif dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, hasil belajar, Generatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 10 Sep 2011 03:03
Last Modified: 10 Sep 2011 03:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14321

Actions (login required)

View Item View Item