PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER MELALUI STRATEGI TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) (PTK Di SMK Bhinneka Karya Simo Boyolali Tahun Ajaran 2010/ 2011)

ROCHANI, ROCHANI (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER MELALUI STRATEGI TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) (PTK Di SMK Bhinneka Karya Simo Boyolali Tahun Ajaran 2010/ 2011). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran TGT. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas X OB SMK Bhinneka Karya Simo yang berjumlah 38 siswa, subjek pelaksanakan tindakan adalah guru matematika dan peneliti. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari aspek: 1) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal secara tepat meningkat dari 42,10% pada putaran I menjadi 63,15 pada akhir tindakan; 2) kemampuan siswa dalam menerapkan konsep secara tepat meningkat dari 31,57% pada putaran I menjadi 52,63% pada akhir tindakan; 3) kemampuan siswa memberi tanggapan tentang jawaban siswa lain meningkat dari 34,21% pada putaran I menjadi 60,52% pada akhir tindakan. 4) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi yang meliputi mendefinisikan konsep, menemukan sifat – sifat dari konsep dan memberikan contoh dan non contoh dari konsep meningkat dari 18,42% pada putaran I menjadi 42,10% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui strategi TGT dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TGT, Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 10 Sep 2011 02:56
Last Modified: 10 Sep 2011 02:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14320

Actions (login required)

View Item View Item