ANALISIS PENERIMAAN PAJAK DAERAH, RETRIBUSI DAN INVESTASI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN GUNUNG KIDUL ( Periode 1988-2008)

Munir, Isnan Abdul (2011) ANALISIS PENERIMAAN PAJAK DAERAH, RETRIBUSI DAN INVESTASI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN GUNUNG KIDUL ( Periode 1988-2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (901kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (133kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)

Abstract

Penelitian ini mengambil tema tentang “ Analisis Penerimaan Pajak Daerah, Retribusi dan Investasi terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Gunung Kidul Priode 1988-2008). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Regresi Linier Berganda dengan metode OLS ( Ordinary Least Squere ). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, berupa data time series. Priode pengamatan mulai tahun 1988-2008,langkah-langkah analisis data dimulai dari analisis Regresi berganda, uji asumsi klasik, uji kebaikan model dan uji validitas pengaruh. Dari hasil uji asumsi klasik dapat diketahui bahwa priode 1988-2008, untuk penerimaan pajak daerah, retribusi dan investasi tidak terdapat masalah pada uji heteroskedastisitas dan uji multikolinieritas, namun terdapat masalah pada uji autokorelasi. Hasil uji F menunjukkan bahwa semua variabel independen yaitu penerimaan pajak daerah, retribusi dan investasi di kabupaten Gunung kidul bersama-sama berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di kabupaten Gunung kidul, sehingga model yang digunakan eksis. Hasil uji t periode 1988-2008 diketahui bahwa pada tingkat α = 0,05, variabel pajak daerah berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, begitu juga variabel retribusi juga berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, Namun variabel investasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Nilai koefisien diterminasi sebesar 0,957869. Jadi koefisien diterminasi menunjukkan bahwa 95,78% variabel pertumbuhan ekonomi dapat dijelaskan dari variabel pajak daerah, variabel retribusi dan variabel investasi. Sedangkan 4,22% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model yang diteliti. Berdasarkan hasil estimasi regresi berganda, terdapat hubungan antara variabel pajak daerah,retribusi,dan investasi yang berpengaruh terhadap PDRB. Namun diantara tiga variabel tersebut hanya ada dua variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap PDRB, yaitu variabel pajak daerah dan retribusi. Pajak daerah memiliki pengaruh positif terhadap PDRB Kabupaten Gunung kidul dengan tingkat koefisien sebesar 344,6102. Retribusi juga memiliki pengaruh positif terhadap PDRB Kabupaten Gunung kidul dengan tingkat koefisien sebesar 15,2767.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pajak, retribusi, investasi
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Sep 2011 05:43
Last Modified: 09 Sep 2011 05:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14313

Actions (login required)

View Item View Item