PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SEGIEMPAT DENGAN PENDEKATAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap MTs Negeri Andong Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011)

TASLIMAH, SITI (2011) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SEGIEMPAT DENGAN PENDEKATAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap MTs Negeri Andong Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan_.pdf

Download (101kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
Halaman_Depan_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika pada segiempat dengan pendekatan aptitude treatment interaction. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIA MTs Negeri Andong Boyolali yang berjumlah 34 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah motivasi belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah ada peningkatan motivasi belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator motivasi belajar matematika meliputi: 1) kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan 47,06 % dan setelah tindakan 92,43 %, 2) mengajukan pertanyaan pada guru sebelum tindakan 14,71 % dan setelah tindakan 73,53 %, 3) mengemukakan gagasan/ ide sebelum tindakan 14,71 % dan setelah tindakan 58,82 %, dan 4) menanggapi pendapat teman/ siswa lain sebelum tindakan 14,71 % dan setelah tindakan 64,71 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan pendekatan aptitude treatment interaction dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-30
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, pendekatan aptitude treatment interaction.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 09 Sep 2011 02:54
Last Modified: 31 Oct 2011 04:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14305

Actions (login required)

View Item View Item