MPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA ( PTK Kelas VII Semester Gasal SMP N 1 Bulu Tahun Ajaran 2010/2011)

NURULLAH, SRIYADI BAHARUDIN (2011) MPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA ( PTK Kelas VII Semester Gasal SMP N 1 Bulu Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (718kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_1.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa melalui strategi problem posing tipe pre solution posing. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP N 1 Bulu yang berjumlah 37 siswa dan obyek penelitian ini adalah adalah keaktifan belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan, sebelum tindakan sebesar 5,41%, sesudah tindakan naik menjadi 52,38%, 2) keaktifan siswa dalm mengerjakan soal-soal latihan, sebelum tindakan sebesar 10,81%, sesudah tindakan naik menjadi 62,16%, 3) keaktifan siswa menjawab pertanyaan, sebelum tindakan sebesar 21,62%, sesudah tindakan naik menjadi 70,27%, 5). Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum tindakan kelas prestasi belajar siswa hanya 32,43%, sesudah tindakan prestasi belajar siswa naik menjadi 91,89%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi problem posing tipe pre solution posing dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, pembelajaran, strategi problem posing tipe pre solution posing.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 09 Sep 2011 02:47
Last Modified: 09 Sep 2011 02:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14304

Actions (login required)

View Item View Item