PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR BERTUMBUH DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Kasus di Bursa Efek Indonesia 2006-2008)

PAMBUDI, SETYA (2011) PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR BERTUMBUH DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Kasus di Bursa Efek Indonesia 2006-2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (178kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menginvestigasi praktik perataan laba yang terjadi di pada perusahaan manufaktur bertumbuh. Investivigasi juga dilakukan untuk mengetahui rasio keuangan (profitabilitas (ROI, ROE) dan leverage (DER, DTA)) yang mempengaruhi praktik perataan laba. Perataan laba merupakan bagian dari manajemen laba. Perataan laba merupakan proses meratakan laba (earning) yang dilaporkan, disekitar tingkat laba yang dianggap normal bagi perusahaan. Praktik perataan laba bertujuan mengurangi fluktuasi laba yang dilaporkan, dengan anggapan laba yang relatif stabil lebih disukai investor. Bagi pihak manajemen perataan laba merupakan sinyal pada pemilik dan kreditor bahwa kinerja keuangan perusahaan relatif stabil. Perataan laba dilakukan manajemen karena perhatian investor biasanya hanya terpusat dari informasi laba bukan tentang bagaimana prosedur untuk memperoleh laba tersebut. Akibatnya informasi yang terkandung dalam laporan keuangan tidak mencerminkan keadaan yang sesungguhnya. Penelitian ini menguji rasio keuangan secara empiris mempengaruhi praktik perataan laba yaitu: profitabilitas (ROI, ROE) dan leverage (DER, DTA) terhadap praktik perataan laba. Untuk mengetahui perusahaan melakukan perataan laba atau tidak, maka digunakan indeks Eckel. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI th 2006 - 2008. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling (pengambilan sampel sesuai kriteria penulis) maka jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 35 perusahaan bertumbuh (berdasarkan perhitungan proksi IOS). Pengujian penelitian ini melalui beberapa tahapan: (1) Analisis Faktor untuk pengelompokan perusahaan bertumbuh dengan tidak bertumbuh, (2) Analisis diskriptif untuk mengetahui profil (karakteristik) perusahaan, (3) analisis multivariate untuk menguji variabel yang berpengaruh terhadap perataan laba. Hasil pengujian multivariate menunjukkan bahwa variabel profitabilitas (ROI, ROE) berpengaruh terhadap praktik perataan laba, sedangkan variabel Leverage (DER, DTA) tidak berpengaruh terhadap praktik perataan laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perataan Laba, Rasio Profitabilitas, Rasio Leverage, Proksi gabungan IOS.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Sep 2011 08:49
Last Modified: 08 Sep 2011 08:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14299

Actions (login required)

View Item View Item