PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN PELIMPAHAN WEWENANG TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN DAN KINERJA MANAJER (Survey pada perusahaan penerbit dan percetakan di Semarang)

YUNIATI, ASTRI (2011) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN PELIMPAHAN WEWENANG TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN DAN KINERJA MANAJER (Survey pada perusahaan penerbit dan percetakan di Semarang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (335kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)

Abstract

Manajemen dengan struktur yang terdesentralisasi menghendaki para manajer bawahan diberikan pelimpahan wewenang dan tanggungjawab yang lebih besar dalam pengambilan keputusan disertai dengan kemampuan penerimaan informasi yang merata disemua tingkatan manajemen menunjukkan adanya kerja sama yang baik. Sedangkan partisipasi dalam penyusunan anggaran merupakan upaya pendekatan manajerial untuk dapat meningkatkan kinerja setiap anggota manajemen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaksi antara partisipasi penganggaran dengan komitmen organisasi dan pelimpahan wewenang terhadap kinerja manajer. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah manajer pelaksana dari perusahan penerbit dan percetakan yang ada di Semarang. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 37 manajer dari perusahaan penerbit dan percetakan yang ada di Semarang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data menggunakan pengujian instrumen berupa uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, dan Multiple Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Partisipasi Penganggaran berpengaruh positif terhadap kinerja manajer dan H1 diterima. Hasil uji t memperoleh nilai thitung = 4,444 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Hasil pengujian koefisien determinasi memperoleh nilai R2 sebesar 0,361, artinya sekitar 36,1% variasi dari kinerja manajer dapat dijelaskan oleh variabel partisipasi penganggaran; (2) Komitmen organisasi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap hubungan antara partisipasi penganggaran dan kinerja manajer dan H2 ditolak. Hasil analisis dengan metode MRA memperoleh nilai thitung untuk interaksi partisipasi penganggaran dan komitmen organisasi sebesar 1,717 ditolak pada taraf signifikansi 5% (p>0,05). Artinya komitmen organisasi tidak memoderasi secara langsung hubungan antara partisipasi penganggaran dengan kinerja manajer; (3) Pelimpahan wewenang berpengaruh positif tidak signifikan terhadap hubungan antara partisipasi penganggaran dan kinerja manajer dan H3 ditolak. Hasil analisis dengan metode MRA memperoleh nilai thitung untuk interaksi partisipasi penganggaran dan pelimpahan wewenang sebesar 1,499 ditolak pada taraf signifikansi 5% (p>0,05). Artinya pelimpahan wewenang tidak memoderasi secara langsung hubungan antara partisipasi penganggaran dengan kinerja manajer.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi penganggaran, komitmen organisasi, pelimpahan wewenang, kinerja manajer
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Sep 2011 05:19
Last Modified: 08 Sep 2011 05:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14289

Actions (login required)

View Item View Item