MANAJEMEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 SIWALAN KABUPATEN PEKALONGAN

FAHRUDIN , FAHRUDIN (2008) MANAJEMEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 SIWALAN KABUPATEN PEKALONGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000030012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)

Abstract

Pendidikan merupakan sarana penting dalam meningkatkan sumber daya manusia. Dengan pendidikan diharapkan mampu melahirkan suatu generasi masa depan yang berkualitas, pendidikan yang diselenggarakan di sekolah diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan bermutu tinggi. Dalam meningkatkan kualitas pendidikan perlu adanya beberapa faktor penentu keberhasilannya, akan tetapi yang menjadi kunci utamanya adalah sistem najemen atau pengelolaan pendidikan yang baik. Dalam penelitian ini permasalahan yng akan dikaji adalah Bagaimana pengelolaan Manajemen Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Siwalan, Kab.Pekalongan serta faktor-faktor pendorong dan penghambatnya.penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana pengelolaan sistem Manajemen Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Siwalan, Kab.Pekalongan. (2) Untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor pendorong dan penghambat Manajemen Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Siwalan, Kab. Pekalongan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif untuk menghasilkan data diskriptif, hal ini dilakukan dalam rangka untuk mengetahui bagaimana manajemen pendidikan agama Islam serta faktor pendorong dan penghambat.Analisis yang digunakan dalam penelitian ini dengan menelaah data yang tersedia dari berbagai sumber yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian data yang tekumpul dapat dianalisis dengan SWOT. Manajemen pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Siwalan mencakup ajaran Al-Qur’an dan Hadits, aqidah Islam, akhlakul karimah dan hukum Islam. Hal ini sesuai pada nilai-nilai Islam yang dicontohkan perilaku Rasul dalam menjalankan manajemen yaitu: Shidiq, Amanah, Tabligh dan Fathonah. Adapun faktor pendorong dalam manajemen pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Siwalan Tenaga pengajar atau guru yang jumlahnya cukup banyak meskipun ada sebagian guru di luar kompetensi di bidangnya, lokasi yang stategis dan mudah dijangkau, gedung yang baru, sarana dan prasarana yang cukup memadai seperti perpustakaan, mushola dan lain-lain. Adapun faktor penghambatnya Perbedaan motivasi guru terhadap siswa, kebanyakan dari mereka guru mengajar lebih dari satu sekolah dan tenaga kependidikan yang masih didominasi guru tidak tetap (GTT).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan Sumberdaya Manusia, Pendidikan Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 May 2009 07:53
Last Modified: 17 Nov 2010 06:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1428

Actions (login required)

View Item View Item