MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE, MANAJEMEN LABA DAN KINERJA KEUANGAN (Studi Empiris Pada Perusahaan go public Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2010)

WINDASARI, NOVITA DYAH (2011) MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE, MANAJEMEN LABA DAN KINERJA KEUANGAN (Studi Empiris Pada Perusahaan go public Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (641kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai masalah yang diteliti yaitu tentang mekanisme corporate governance, manajemen laba, dan kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian ini bersifat study empiris, yaitu penelitian yang menekankan pada pengujian teori-teori melalui pengukuran variabel-variabel penelitian dengan angka dan melakukan analisis data dengan prosedur statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yang go publik di Bursa Efek Indonesia. Sampel diambil berdasarkan purposive sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil uji analisis regresi linier berganda terhadap kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, proporsi dewan komisaris independen, dan ukuran dewan komisaris diketahui bahwa hanya proporsi dewan komisaris independen yang tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba yaitu sebesar 0,092 diatas 0,05 yang artinya bahwa hipotesis proporsi dewan komisaris independen ditolak. Sedangkan hasil pengujian regresi linier sederhana tentang pengaruh manajemen laba terhadap kinerja keuangan diperoleh 0,003 dibawah 0,05 yang artinya manajemen laba berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan, sehingga hipotesis diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: mekanisme corporate governance, manajemen laba, kinerja keuangan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Sep 2011 06:25
Last Modified: 07 Sep 2011 06:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14279

Actions (login required)

View Item View Item