PENERAPAN STRATEGI PEER LESSONS DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X-1 Semester Genap di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan Tahun Ajaran 2010 / 2011)

SULISTYANINGTYAS, NURUL FADHILAH (2011) PENERAPAN STRATEGI PEER LESSONS DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X-1 Semester Genap di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan Tahun Ajaran 2010 / 2011). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (123kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03_BAB_I-rev.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II-rev.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III-rev.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV-rev.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V-rev.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui strategi pembelajaran Peer Lessons dengan mengoptimalkan alat peraga di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan, dan (2) meningkatkan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran Peer Lessons dengan mengoptimalkan alat peraga di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X-1 SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan, yang berjumlah 43 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan pemahaman konsep matematika siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator pemahaman konsep meliputi: a) dapat mengkonstruksikan soal ke dalam bentuk matematika sebelum tindakan 40%, dan setelah tindakan 73,7%. b) mampu menggunakan rumus secara tepat sebelum tindakan 42,5%, dan setelah tindakan 71,1%, c) ketepatan pada proses perhitungan dalam menyelesaikan soal metematika sebelum tindakan 30%, dan setelah tindakan 89,5%, d) dan (2) Ada peningkatan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 63 sebelum tindakan 55% dan setelah tindakan 86,8%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Peer Lessons dengan mengoptimalkan alat peraga dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, prestasi belajar, Peer Lessons, alat peraga.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 27 Aug 2011 03:05
Last Modified: 27 Aug 2011 03:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14277

Actions (login required)

View Item View Item