UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI METODE COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION (CIRC) DAN GUIDED NOTE TAKING PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 1 JATIROTO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

KRISTIADI, WIDI ARIEF (2011) UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI METODE COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION (CIRC) DAN GUIDED NOTE TAKING PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 1 JATIROTO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover_Abstrak.pdf

Download (501kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kreativitas dan pemahaman siswa dalam belajar matematika dengan penerapan metode Cooperative, Integrated, Reading, And Composition (CIRC) dan Guided Note Taking. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIG SMP Negeri 1 Jatiroto, Wonogiri yang berjumlah 32 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIIG. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas dan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar segitiga. Hal ini dapat dilihat dari 1) Kemampuan siswa dalam mengajukan ide-ide sebelum tindakan 13 % dan setelah tindakan 28,6 %, 2) Kemauan siswa untuk bertanya sebelum tindakan 6 % dan setelah tindakan 46,4 %, 3) Kemampuan siswa menyelesaikan masalah sebelum tindakan 33 % dan setelah tindakan 85,7 %, 4) Kemampuan siswa dalam mendefinisikan suatu konsep sebelum tindakan 26 % dan setelah tindakan 92,8 %, serta 5) Kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan sebelum tindakan 40 % dan setelah tindakan 78,6 %. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Cooperative, Integrated, Reading, And Composition (CIRC) dan Guided Note Taking dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kreativitas dan pemahaman siswa khususnya pada pokok bahasan bangun datar segitiga.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Pemahaman Siswa, CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, And Composition), Guided Note Taking.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 27 Aug 2011 02:57
Last Modified: 27 Aug 2011 03:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14276

Actions (login required)

View Item View Item