PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KOMPLEKSITAS TUGAS TERHADAP HUBUNGAN PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN DENGAN KINERJA APARAT PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN KARANGANYAR

PUSPITASARI, NOVIANA (2011) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KOMPLEKSITAS TUGAS TERHADAP HUBUNGAN PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN DENGAN KINERJA APARAT PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (662kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Peningkatan partisipasi dalam penyusunan anggaran dan gaya kepemimpinan dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja aparat pemerintah daerah. Didukung dengan kompleksitas tugas, maka anggaran yang disusun dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan kompleksitas tugas terhadap hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja aparat pemerintah daerah Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuestioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Pejabat Setingkat Kepala Dinas dan Kepala Bagian/Bidang/Subdinas di Pemerintah Daerah Kabupaten Karanganyar. Sampel yang diambil adalah Pejabat Setingkat Kepala Dinas Dan Kepala Bagian/Bidang/Subdinas yang ada di BAPPEDA, DPPKAD dan BKD sesuai dengan surat ijin penelitian dari Badan KESBANGPOLINMAS. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 43 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh terhadap kinerja aparat pemerintah daerah dan H1 terdukung secara statistik pengujian pada taraf signifikansi 0,005 (p<0,05). (2) Gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap hubungan partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja aparat dan H2 terdukung secara statistik pengujian pada taraf signifikansi 0,032 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan berperan sebagai variabel moderating yang berpengaruh terhadap hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja aparat. (3) Kompleksitas tugas berpengaruh terhadap hubungan partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja aparat dan H3 tidak terdukung secara statistik pada taraf signifikansi 0,136 (p>0,05). Namun kompleksitas tugas memperkuat hubungan partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja aparat. Dengan partisipasi penyusunan anggaran yang didukung dengan tugas yang kompleks dan berbeda-beda maka kinerja aparat akan meningkat, meskipun tidak signifikan secara statistik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi penyusunan anggaran, kinerja aparat, gaya kepemimpinan, kompleksitas tugas.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Aug 2011 03:51
Last Modified: 26 Aug 2011 03:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14274

Actions (login required)

View Item View Item