PENGARUH KEJELASAN SASARAN ANGGARAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN INSTANSI PEMERINTAH DAERAH DENGAN PARTISIPASI ANGGARAN SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Kasus pada Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan)

Burmauna, Hanief (2011) PENGARUH KEJELASAN SASARAN ANGGARAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN INSTANSI PEMERINTAH DAERAH DENGAN PARTISIPASI ANGGARAN SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Kasus pada Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (436kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran terhadap Senjangan Anggaran Instansi Pemerintah Daerah dengan Partisipasi Anggaran Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Kasus pada Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan) ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kejelasan sasaran anggaran terhadap senjangan anggaran dan untuk menganalisis peran partisipasi anggaran dalam hubungan antara kejelasan sasaran anggaran terhadap senjangan anggaran pada pemerintah daerah Kabupaten Pacitan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel bertujuan (purposive sampling). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh manajer Dinas dan Lembaga Teknis (Lemtek) dari SKPD Kabupaten Pacitan dan sampel yang digunakan adalah manager tingkat menengah dan lower level dari Dinas dan Lemtek SKPD Kabupaten Pacitan. Pengumpulan data menggunakan kuisioner yang didistribusikan langsung oleh peneliti kepada responden. Jumlah kuisioner yang dianalisis sebanyak 99 kuisioner. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier, koefisien determinasi, uji F, uji t dan uji asumsi klasik (normalitas data, multikolinearitas, dan heterokedastisitas) dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kejelasan sasaran anggaran berpengaruh positif signifikan terhadap senjangan anggaran sebesar 16,4% dengan nilai signifikansi 0,000<0,05, sedangkan sisanya sebesar 83,6% senjangan anggaran dipengaruhi oleh variabel lain, (2) partisipasi anggaran tidak dapat menjadi variabel pemoderasi dalam hubungan antara kejelasan sasaran anggaran terhadap senjangan anggaran dengan nilai signifikansi sebesar 0,761>0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK B200/2011-25
Uncontrolled Keywords: kejelasan sasaran anggaran, partisipasi anggaran, senjangan anggaran.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Aug 2011 06:44
Last Modified: 20 Nov 2019 03:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14270

Actions (login required)

View Item View Item