PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA APARAT PEMERINTAH DAERAH DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING ( Survei pada Pemerintah Daerah Kab. Sukoharjo )

WIJAYANTO, KUSUMA (2011) PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA APARAT PEMERINTAH DAERAH DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING ( Survei pada Pemerintah Daerah Kab. Sukoharjo ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
02._Halaman_Depan.pdf

Download (633kB)
[img]
Preview
PDF
03._BAB_I.pdf

Download (87kB)
[img] PDF
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (33kB)
[img] PDF
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja aparat pemerintah daerah serta pengaruh komitmen organisasi terhadap hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dan kinerja aparat pemerintah daerah. Survey pada pemerintah daerah di kabupaten Sukoharjo. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survey dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan SKPD baik di instansi maupun kantor di Kabupaten Sukoharjo. Sampel penelitian sebanyak 57 pegawai yang berasal dari pegawai ekselon III & IV. Sampel penelitian di uji dengan menggunakan uji validitas dan uji realibilitas, analis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda yang meliputi uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh terhadap kinerja aparat pemerintah daerah dengan R2 sebesar 77% dengan tingkat signifikan sebesar 8,928 > 2,005 sehingga hipotesis pertama diterima. (2) komitmen organisasi tidak dapat memoderasi hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja aparat pemerintah daerah dengan ditunjukkan tingkat signifikan sebesar -1,333 < 2,005 sehingga hipotesis kedua ditolak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi penyusunan anggaran, kinerja aparat pemerintah, komitmen organisasi.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 24 Aug 2011 06:47
Last Modified: 24 Aug 2011 06:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14255

Actions (login required)

View Item View Item