ENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE DAN PRAKTEK CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

PUTRO, WAHYU NUGROHO (2011) ENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE DAN PRAKTEK CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (678kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (43kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel-variabel independen yaitu struktur kepemilikan yang meliputi kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional, ukuran perusahaan, leverage, ukuran dewan komisaris dan keberadaan komite audit terhadap manajemen laba. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2007-2009, sedangkan sampel dipilih dengan cara purposive sampling sesuai kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Dengan metode pengumpulan data menggunakan polling data jumlah sampel yang terkumpul sebanyak 59 perusahaan. Dengan adanya data outlier sebanyak 9 perusahaan maka sampel menjadi 50 perusahaan manufaktur Dari hasil pengumpulan sampel tersebut dilakukan analisis data menggunakan teknik analisis berupa analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil pengujian, ditemukan bahwa variabel yang mempunyai pengaruh terhadap manajemen laba adalah kepemilikan intitusional dan keberadaan komite audit. Dimana kepemilikan institusional dan komite audit menjadi mekanisme yang efektif dalam mengawasi manajer, sehingga manajer tidak bisa dengan leluasa memanipulasi angka laba yang dihasilkan perusahaan. Sedangkan untuk variabel kepemilikan manajerial, ukuran perusahaan, leverage dan ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap manajemen laba dan belum menjadi mekanisme corporate governance yang efektif untuk mengurangi praktik manajemen laba.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: struktur kepemilikan, ukuran perusahaan, leverage, corporate governance, manajemen laba.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 23 Aug 2011 08:35
Last Modified: 24 Aug 2011 04:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14249

Actions (login required)

View Item View Item