PENGARUH PARTISIPASI DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL (Studi Empiris Pada Kabupaten Sragen)

SUPRIYANTI, RULI (2011) PENGARUH PARTISIPASI DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL (Studi Empiris Pada Kabupaten Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (445kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)

Abstract

Manajer dan karyawan perlu diarahkan pada pencapaian tujuan bersama sesuai dengan rencana organisasi. Upaya mengkoordinir kegiatan para manajer dan karyawan tersebut dikembangkan strategi yang menggambarkan arah yang harus dilalui meliputi kebijakan, petunjuk, dan program kegiatan untuk meningkatkan partisipasi dalam pencapaian tujuan agar karyawan juga memiliki komitmen terhadap organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh partisipasi dalam penyusunan anggaran terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasional pegawai. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey. Populasi penelitian adalah seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Kantor Pemerintah Daerah Tingkat II Kabupaten Sragen. Sampel penelitian adalah sebagian dari PNS di kantor Sekretaris Daerah (SEKDA) dan kantor ITWILKAB (Inspektorat Wilayah Kabupaten) Kabupaten Sragen. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi liner sederhana, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Partisipasi dalam penyusunan anggaran secara statistik berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja pegawai. Hasil analisis regresi liner sederhana memperoleh nilai thitung = 7,239 dengan p=0,000 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan H1 diterima. Artinya semakin tinggi tingkat partisipasi dalam penyusunan anggaran, maka kepuasan kerja pegawai cenderung meningkat; 2) Partisipasi dalam penyusunan anggaran secara statistik berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi pegawai. Hasil analisis regresi liner sederhana memperoleh nilai thitung = 6,489 dengan p=0,000 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan H2 diterima. Artinya semakin tinggi tingkat partisipasi dalam penyusunan anggaran, maka komitmen organisasi pegawai cenderung meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Dalam Penyusunan Anggaran, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Aug 2011 06:44
Last Modified: 23 Aug 2011 06:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14242

Actions (login required)

View Item View Item