ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT KESEHATAN BANK : BANK BUMN DAN NON-BUMN (Studi Empiris pada Bank yang Terdaftar di BEI)

HAPSARININGRUM M.S, HAPSARININGRUM M.S (2011) ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT KESEHATAN BANK : BANK BUMN DAN NON-BUMN (Studi Empiris pada Bank yang Terdaftar di BEI). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (175kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)

Abstract

Bank adalah lembaga keuangan yang usaha pokoknya menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana tersebut ke masyarakat dalam bentuk kredit serta memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang. Tingkat kesehatan bank merupakan hasil penilaian kualitatif atas berbagai aspek yang berpengaruh terhadap kondisi atau kinerja suatu bank, melalui penilaian kualitatif dan atau kuantitatif terhadap komponen CAMELS yang meliputi faktor permodalan, kualitas aset, manajemen, rentabilitas, likuiditas, dan sensitivitas terhadap resiko pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui perbedaan tingkat kesehatan bank antara bank BUMN dan Non-BUMN berdasarkan komponen CAMELS. Sampel dipilih dengan metode purposive sampling dengan kriteria atau pertimbangan tertentu. Bank yang terpilih menjadi sampel ada empat bank yaitu : Bank BRI dan Mandiri mewakili bank BUMN, serta Bank BCA dan Danamon mewakili bank Non-BUMN. Alat analisis yang digunakan adalah CAMELS (Capital, Assets, Management, Earning, Liquidity dan Sensitivity to Market Risk) sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia No. 6/10/PBI/2004 tanggal 12 April 2004. Hasil penelitian tahun 2007 hingga tahun 2009 berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan tingkat kesehatan bank antara bank BUMN dan Non- BUMN adalah kedua jenis bank menunjukkan bank dalam kondisi sangat sehat berdasarkan CAR, NPM, ROA, LDR dan MR. Akan tetapi berdasarkan penilaian KAP, kedua jenis bank tersebut berada dalam kondisi cukup sehat. Sedangkan hasil penelitian berdasarkan uji statistik Independent T-test adalah tingkat kesehatan bank antara bank BUMN dan Non-BUMN tidak ada perbedaan dilihat dari keseluruhan komponen CAMELS yang meliputi CAR, KAP, NPM, ROA, LDR dan MR.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat kesehatan bank, Capital, Asset, Management, Earning, Liquidity, Sensitivity to Market Risk
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Aug 2011 06:24
Last Modified: 23 Aug 2011 06:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14241

Actions (login required)

View Item View Item