ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN MAHASISWA LEMBAGA PENDIDIKAN ALFABANK DI SURAKARTA

UTOMO, HANDOKO PRIYO (2008) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN MAHASISWA LEMBAGA PENDIDIKAN ALFABANK DI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100020497.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah harga, pelayanan, lokasi, mutu, dan fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa Lembaga Pendidikan Alfabank di Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Lembaga Pendidikan Alfabank di Surakarta. Sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, uji F, uji t, dan R2 (koefisien determinasi). Uji asumsi klasik yang digunakan meliputi: uji normalitas, autokorelasi, multikolinearitas, dan heterokedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis data menunjukkan berdasarkan uji t, menunjukkan bahwa thitung pada variabel harga, pelayanan, lokasi, mutu, dan fasilitas semuanya bernilai positif dan lebih besar dari ttabel, hal ini berarti secara parsial variabel harga, pelayanan, lokasi, mutu, dan fasilitas berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan mahasiswa Lembaga Pendidikan Alfabank di Surakarta. Berdasarkan uji F diperoleh nilai Fhitung (21,115) lebih besar dari Ftabel (2,311). Hal ini menunjukkan bahwa variabel harga, pelayanan, lokasi, mutu, dan fasilitas secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa Lembaga Pendidikan Alfabank di Surakarta. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,529 berarti variabilitas dari kepuasan mahasiswa Lembaga Pendidikan Alfabank di Surakarta dapat dijelaskan oleh variasi dari variabel harga, pelayanan, lokasi, mutu, dan fasilitas sebesar 52,9%. Sedangkan sisanya sebesar 47,1% dijelaskan oleh variabel lain di luar model.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Produk Jasa, Harga, Lokasi, Kepuasan Mahasiswa.
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 20 May 2009 07:41
Last Modified: 17 Nov 2010 06:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1424

Actions (login required)

View Item View Item