KAJIAN ETNOPRAGMATIK TERHADAP BAHASA NGUDANG BAYI DI DESA DUNGPOLO R 01 RW X, NGADILUWIH RT X LUWIH, MATESIH, KARANGANYAR

INSANI, IKA HAFIZAH (2011) KAJIAN ETNOPRAGMATIK TERHADAP BAHASA NGUDANG BAYI DI DESA DUNGPOLO R 01 RW X, NGADILUWIH RT X LUWIH, MATESIH, KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
1_Depan.pdf

Download (113kB)
[img]
Preview
PDF
2_BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF
3_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF
4_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF
5_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF
6_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF
7_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (32kB)
[img] PDF
8_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Ngudang merupakan kegiatan yang dilakukan oleh para orang tua khususnya ibu kepada bayinya untuk memuji dan memberi doa serta menyampaikan harapan mereka. Etnopragmatik adalah studi tentang tindak tutur/ maksud penutur dalam suatu kelompok masyarakat atau kelompok budaya. Tujuan penelitian ini Mendeskripsikan bahasa ngudang bayi di desa Dungpolo RT 01, RW X, Mendeskripsikan kajian etnopragmatik terhadap bahasa ngudang bayi di desa Dungpolo RT 01, RW X, Ngadiluwih, Matesih, Karanganyar selain itu juga untuk menggali lebih banyak lagi budaya yang muncul dalam masyarakat desa yang berkaitan dengan bahasa khususnya. Bahasa ngudang yang yang muncul dari kegiatan ngudang bayi ini dapat dikatakan sebagai budaya, karena terlahir dari cipta dan karya manusia yang kemudian disepakati bersama sebagai suatu kebiasaan. Penelitian ini dilakukan di Dungpolo yang merupakan kampung yang di dalamnya dihuni oleh sekelompok orang atau disebut sebagai masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan bahasa yang muncul dari ngudang bayi sebagai obyeknya. Data dari penelitian ini adalah bahasa ngudang bayi yang terdapat di desa Dungpolo, Ngadiluwih, Matesih, Karanganyar. Dalam penelitian ini proses pengumpulan data dilakukan dengan metode atau cara wawancara dan observasi dan sebagai uji keabsahan data menggunakan trianggulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan tuturan ngudang masyarakat Dungpolo terbagi atas berbagai bentuk dan jenis tuturan. Tuturan-tuturan tersebut terdiri dari tuturan ngudang yang berkaitan dengan rasa bakti terhadap orang tua, tuturan ngudang yang berkaitan dengan religiusitas, tuturan ngudang yang berkaitan dengan pemerolehan jodoh, tuturan ngudang yang berkaitan dengan pemerolehan rezeki dan tuturan ngudang yang berkaitan dengan kedudukan atau kehormatan. Kelima jenis tuturan ngudang tersebut terbagi atas bentuk tuturan lagi, diantaranya tuturan bentuk nasihat, larangan juga himbauan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A310/2011-39
Uncontrolled Keywords: ngudang, etnopragmatik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 23 Aug 2011 05:29
Last Modified: 25 Oct 2011 03:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14234

Actions (login required)

View Item View Item