HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI ANAK TERHADAP POLA ASUH ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR

NAJAH, ATHIYYATUN (2008) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI ANAK TERHADAP POLA ASUH ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
F100020239.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)
[img]
Preview
PDF
F100020239.pdf

Download (729kB)

Abstract

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI ANAK TERHADAP POLA ASUH ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR Belajar sangat diperlukan bagi setiap individu, terutama bagi seorang anak karena dengan belajar anak akan emperoleh pengetahuan mengenai apa yang ia pelajari. Motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak dalam diri seseorang yang menimbulkan kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek dapat tercapai. Motivasi belajar merupakan faktor psikis yang bersifat non intelektual. Belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.Namun, untuk pertama kalinya aktivitas belajar dilakukan dalam lingkungan keluarga, sebab keluarga adalah pendidik pertama dari pengalaman anak-anak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara persepsi anak terhadap pola asuh orang tua dengan motivasi belajar, mengetahui sejauh mana motivasi belajar siswa, dan mengetahui sejauh mana persepsi anak terhadap pola asuh orang tua. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan positif antara persepsi terhadap pola asuh orang tua dengan motivasi belajar. Penelitian ini dilaksanakan di MAN I Salatiga pada siswa kelas XI IPS 2 dan XI IPS 4. Subjek penelitian berjumlah 64 siswa yang ditentukan dengan menggunakan purpossive non random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala motivasi belajar dan skala persepsi terhadap pola asuh orang tua. Hasil analisis korelasi product moment diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,081 dengan p > 0,05 hal ini menunjukkan tidak ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap pola asuh orang tua dengan motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa tidak ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap pola asuh orang tua dengan motivasi belajar. Subjek penelitian ini memiliki tingkat motivasi belajar yang tergolong tinggi, ditunjukkan dengan rerata empirik sebesar 103,469 dan rerata hipotetik sebesar 85, sedangkan Persepsi terhadap pola asuh orang tua yang dimiliki subjek tergolong positif,ditunjukkan dengan rerata sebesar 101,406 dan rerata hipotetik sebesar 80.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 20 May 2009 07:41
Last Modified: 17 Nov 2010 06:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1423

Actions (login required)

View Item View Item