PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEER LESSONS DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS X-1 SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN DI PEKALONGAN

FITRIANA, UPIK MEI (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEER LESSONS DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS X-1 SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKAJANGAN DI PEKALONGAN. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (121kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03_BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Peer Lessons dengan menggunakan alat peraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas X-1 SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan sebagai subyek pemberi tindakan dan siswa kelas X-1 yang berjumlah 43 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan dan dikembangkan selama proses refleksi sampai proses penyusunan laporan. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas tersebut antara lain: 1) Adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari a) keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 7,5% dan diakhir tindakan mencapai 39,5%, b) keaktifan siswa dalam mengemukakan ide atau gagasan sebelum tindakan sebesar 10,% dan diakhir tindakan mencapai 42,1%, c) keberanian siswa mempresentasikan hasil pekerjaan di depan kelas sebelum tindakan sebesar 0% dan diakhir tindakan mencapai 21,1%. 2) Adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari a) kemauan siswa untuk memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan sebesar 37,5% dan diakhir tindakan mencapai 92,9%, b) semangat siswa untuk belajar mandiri dalam kelas sebelum tindakan sebesar 27,5% dan diakhir tindakan mencapai 64,3%, c) antusias siswa untuk mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepat waktu sebelum tindakan sebesar 35% dan diakhir tindakan mencapai 92,9 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Peer Lessons dengan menggunakan alat peraga pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, motivasi-belajar, Peer-Lessons, matematika, alat- peraga.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 23 Aug 2011 04:36
Last Modified: 23 Aug 2011 04:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14229

Actions (login required)

View Item View Item