EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA GUIDED NOTE TAKING DAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR (Pada SMPN 2 Karanganom Klaten Kelas VIII Tahun Ajaran 2010/2011)

DAMAYANTI, SYARIFAH MEGA (2011) EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA GUIDED NOTE TAKING DAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR (Pada SMPN 2 Karanganom Klaten Kelas VIII Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (113kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03_BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (876kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Karanganom Klaten yang berjumlah 6 kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 61 siswa, yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh penggunaan strategi Guided Note Taking dan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan pendekatan Problem Based Learning terhadap prestasi belajar matematika sisiwa, dengan Fa = 6.295, (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, dengan Fb = 3.987, (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, dengan Fab = 0.298. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran Guided Note Taking dan pendekatan Problem Based Learning ditinjau dari motivasi belajar berpengaruh terhadap presatasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 23 Aug 2011 03:08
Last Modified: 23 Aug 2011 03:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14225

Actions (login required)

View Item View Item