PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN BELAJAR MOTIVASI MATEMATIKATOPIK SEGIEMPAT MELALUI PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY (PENEMUAN TERBIMBING) DENGAN MACROMEDIA FLASH PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 NGRAMPAL SRAGEN

PAMUNGKAS, DIAN ADI (2011) PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN BELAJAR MOTIVASI MATEMATIKATOPIK SEGIEMPAT MELALUI PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY (PENEMUAN TERBIMBING) DENGAN MACROMEDIA FLASH PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 NGRAMPAL SRAGEN. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.PDF

Download (124kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.PDF

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.PDF

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi dan kedisiplinan belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan metode Guide Dicovery. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIID SMPN 2 Ngrampal, yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur . Hasil penelitian ada peningkatan kedisiplinan dan motivasi belajar matematika siswa dapat dilihat dari indikator banyaknya siswa yang : a) antusias siswa terhadap pelajaran sebelum tindakan 54,29% dan setelah tindakan 77,14%, b) perhatian siswa terhadap pelajaran sebelum tindakan 51,43% dan setelah tindakan 74,29%, c) mengemukakan ide sebelum tindakan 22,85% dan setelah ttindakan45,71%, d) antusias dalam mengerjakan soal-soal latihan sebelum tindakan 45,75% dan setelah tindakan 68,57, e) kesiapan dalam mengikut pelajaran sebelum tindakan 57,14% dan setelah tindakan 80%, f) hasil mengerjakan post test sebelum tindakan 48,57% dan setelah tindakan 68,57%, g)hasil pengumpulan tugas sebelum tindakan 51,43% dan setelah tindakan 71,43%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui metode pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) dengan mengoptimalkan macromedia flash8 dapat meningkatkan kedisiplinan dan motivasi belajar matematika segi empat siswa kelas VII.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan belajar, motivasi belajar, guided discovery, macromedia flash8.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 23 Aug 2011 02:57
Last Modified: 23 Aug 2011 02:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14224

Actions (login required)

View Item View Item