PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI DI KELAS X SMA NEGERI 1 JATISRONO, KABUPATEN WONOGIRI: BAHAN AJAR, METODE, MEDIA PEMBELAJARAN, DAN RESPON SISWA

Bhakti, Perdana Setya (2011) PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI DI KELAS X SMA NEGERI 1 JATISRONO, KABUPATEN WONOGIRI: BAHAN AJAR, METODE, MEDIA PEMBELAJARAN, DAN RESPON SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
02._Halaman_Depan.pdf

Download (203kB)
[img]
Preview
PDF
03._BAB_I.pdf

Download (144kB)
[img] PDF
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (472kB)
[img] PDF
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana bahan ajar pengajaran puisi di SMA Negeri 1 Jatisrono?, (2) Bagaimana metode pengajaran puisi di SMA Negeri 1 Jatisrono?, (3) Bagaimana media pengajaran puisi di SMA Negeri 1 Jatisrono?, (4) Bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran puisi di SMA Negeri 1 Jatisrono? Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan bahan ajar pembelajaran apresiasi puisi di SMA Negeri 1 Jatisrono, (2) memaparkan metode pengajaran apresiasi puisi di SMA Negeri 1 Jatisrono, (3) memaparkan media pengajaran apresiasi MA Negeri 1 Jatisrono, (4) memaparkan respon siswa terhadap pembelajaran apresiasi puisi di SMA Negeri 1 Jatisrono. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, siswa, dan proses pembelajaran apresiasi puisi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Jatisrono, Kabupaten Wonogiri kelas XI tahun ajaran 2010-2011. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi, teknik deskriptif, dan teknik intuitif. Hasil penelitian ini adalah (1) Guru mengambil puisi karya sastrawan terkenal yaitu Sapardi Djoko Damono dari LKS yang berjudul “Hujan Bulan Juni”. Kemudian guru mengembangkan sendiri teorinya. Seharusnya guru menggunakan lebih banyak sumber seperti buku panduan agar siswa juga memahami dan mampu menghayati puisi. (2) Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran apresiasi puisi di kelas X SMA Negeri 1 Jatisrono, Kabupaten Wonogiri bervariasi, yaitu metode ceramah, modelling , diskusi, pemberian tugas dan tanya jawab. Guru harus memiliki kegemaran terhadap sastra dan puisi pada khususnya. (3) Guru menggunakan media visual berupa teks puisi karya Sapardi Djoko Damono dalam pembelajaran apresiasi puisi. Tidak terdapat penggunaan media audio atau audiovisual dalam pembelajaran puisi. (4) Para siswa mengaku penempatan jam pelajaran yang kurang tepat menyebabkan mereka kurang memahami tentang pembelajaran apresiasi puisi. Semangat dan tenaga para siswa telah terkuras pada jam pelajaran yang terdahulu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A220/2011-30
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Metode, Media Pembelajaran, dan Respon Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 22 Aug 2011 07:42
Last Modified: 19 Nov 2019 02:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14222

Actions (login required)

View Item View Item