PENGARUH PENGUMUMAN DEVIDEN TUNAI DITINJAU DARI KENAIKAN DAN PENURUNAN DEVIDEN TERHADAP VARIABILITAS TINGKAT KEUNTUNGAN DAN LIKUIDITAS SAHAM DI BURSA EFEK INDONESIA

MELIA, PUTRI (2011) PENGARUH PENGUMUMAN DEVIDEN TUNAI DITINJAU DARI KENAIKAN DAN PENURUNAN DEVIDEN TERHADAP VARIABILITAS TINGKAT KEUNTUNGAN DAN LIKUIDITAS SAHAM DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (616kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengumuman deviden yang naik maupun turun akan berpengaruh secara signifikan terhadap variabilitas tingkat keuntungan dan likuiditas saham. Jenis penelitian adalah event study yang mengamati pengaruh dari suatu kejadian tertentu dan hanya mengambil sampel pada waktu dan kejadian pada suatu waktu tertentu. Populasi dalam penelitian adalah seluruh perusahaan manufaktur yang sudah go public yang mengumumkan dividen tunai tahun 2007-2009. Sampel yang diambil adalah 56 perusahaan manufaktur yang sudah go public yang mengumumkan dividen naik dan 17 perusahaan dengan dividen turun. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan periode jendela 5 hari sebelum tanggal pengumuman dan 5 hari sesudah tanggal pengumuman dividen. Perhitungan dalam pengukuran variabel adalah dengan menghitung Security Return Variability (SRV) dan analisis data menggunakan Paired Sample t-test untuk data normal dan Wilcoxon Rank Test untuk data tidak normal Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan Security Return Variability (SRV) pada periode sebelum dan sesudah pengumuman dividen naik. Hasil uji Wilcoxon Rank Test memperoleh nilai Zhitung sebesar 2,708 diterima pada taraf signifikansi 5%. Nilai rata-rata SRV sesudah pengumuman divien naik (1,3426) lebih tinggi daripada SRV pada lima hari sebelum pengumuman dividen naik (0,8531); 2) Tidak terdapat perbedaan Security Return Variability (SRV) pada hari-hari sebelum dan sesudah pengumuman dividen turun. Hasil uji Paired Sample t-test memperoleh nilai thitung sebesar 0,012 ditolak pada taraf signifikansi 5%. Nilai rata-rata SRV sesudah pengumuman dividen turun (0,9751) sedikit lebih rendah daripada SRV pada lima hari sebelum pengumuman dividen naik (0,9785); 3) Tidak terdapat perbedaan perubahan volume perdagangan saham (TV) pada hari-hari sebelum dan sesudah pengumuman dividen naik. Hasil uji Wilcoxon Rank Test memperoleh nilai Zhitung sebesar 0,269 ditolak pada taraf signifikansi 5%. Nilai rata-rata TV sesudah pengumuman dividen naik (1,2714) hanya sedikit lebih tinggi daripada TV pada lima hari sebelum pengumuman dividen naik (1,2341); 4) Tidak terdapat perbedaan perubahan volume perdagangan saham (TV) pada hari-hari sebelum dan sesudah pengumuman dividen turun. Hasil uji Paired Sample t-test memperoleh nilai thitung sebesar 0,249 ditolak pada taraf signifikansi 5%. Nilai rata-rata TV sesudah pengumuman dividen turun (1,2150) hanya sedikit lebih tinggi daripada TV pada lima hari sebelum pengumuman dividen turun (1,0376).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK B200/2011-29
Uncontrolled Keywords: dividen naik, dividen turun, security return variability, likuiditas saham
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Aug 2011 07:23
Last Modified: 01 Nov 2011 09:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14219

Actions (login required)

View Item View Item