ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA KARANGAN MAHASISWA SEMESTER DUA AKADEMI KEBIDANAN ESTU UTOMO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011

FITRIANA, ETTY DWI (2011) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA KARANGAN MAHASISWA SEMESTER DUA AKADEMI KEBIDANAN ESTU UTOMO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (327kB)
[img]
Preview
PDF
03._BAB_I.pdf

Download (75kB)
[img] PDF
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF
06._BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] PDF
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] PDF
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan bahasa para calon bidan dalam karangan, apakah mereka menggunakan diksi atau istilah medis/ kebidanan dalam karangan tersebut serta faktor-faktor apa yang menjadi faktor terjadinya alih kode dan campur kode pada karngan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan wujud alih kode dan campur kode serta memaparkan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya alih kode dan campur kode pada karangan mahasiswa semester dua Akademi Kebidanan Estu Utomo Boyolali tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan cara mendeskripsikan bentuk-bentuk serta penyebab terjadinya alih kode dan campur kode pada karangan mahasiswa semester dua Akademi Kebidanan Estu Utomo Boyolali tahun ajaran 2010/2011. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi yaitu berupa karangan dan teknik catat menggunakan kartu data. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode agih berupa teknik Bagi Unsur Langsung untuk menentukan wujud alih kode dan campur kode. Teknik padan berupa teknik Pilah Unsur Penentu digunakan peneliti untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode. Terdapat beberapa simpulan dalam penelitian ini. (1)Wujud alih kode ekstern sebanyak empat data. Wujud campur kode yaitu, campur kode ekstern berwujud kata sebanyak 36 data, intern berwujud kata sebanyak 14 data, ekstern berwujud frasa sebanyak 7 data, berwujud ungkapan sebanyak 9 data, dan reduplikasi sebanyak 2 data. (2)Faktor yang melatarbelakangi terjadinya alih kode dan campur kode yaitu menunjukkan jati diri penutur, menunjukkan kemahiran penutur menggunakan kata-kata dalam bahasa asing, kebiasaan penutur, untuk membangkitkan rasa humor, sekadar untuk bergaya, sulit/tidak menemukan kata-kata dalam bahasa Indonesia, mengungkapkan suatu maksud, sebagai rasa hormat terhadap orang ketiga. (3)Terdapat penggunaan satu istilah kebidanan yaitu post mature.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alih Kode, Campur Kode
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 22 Aug 2011 06:49
Last Modified: 22 Aug 2011 06:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14216

Actions (login required)

View Item View Item