PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI PERAN TOKOH-TOKOH PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS V SD N 01 MIRENG TRUCUK KLATEN

MUNAWAROH, USWATUN (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI PERAN TOKOH-TOKOH PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS V SD N 01 MIRENG TRUCUK KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Halaman_Depan.pdf

Download (494kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF
Daftar_Pustaka.pdf

Download (14kB)
[img] PDF
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode Bermain Peran.Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Mireng 01 Trucuk klaten yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS pada materi peran tokoh-tokoh persiapan kemerdekaan Indonesia. Berdasarkan data tes siklus I setelah pelaksanaan tindakan dari 23 siswa kelas V yang mengikuti pembelajaran IPS dengan penerapan metode bermain peran yaitu, nilai rata-rata 47,3% sebanyak 13 siswa mampu mencapai standar KKM (60). Hasil tes siklus II setelah pelaksanaan tindakan, dari 23 siswa kelas V yang mengikuti pelajaran IPS dengan penerapan metode Bermain Peran nilai rata-rata 89,47% atau 21 siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan siswa. Dengan hasil yang telah dicapai pada siklus I dan II di mana telah memenuhi indikator keberhasilan maka penelitian ini dianggap telah berhasil sehingga tidak perlu dilakukan siklus berikutnya. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan pemahaman hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS SDN 01 Mireng, Trucuk, Klaten Semester II Tahun Pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-30
Uncontrolled Keywords: pemahaman, pembelajaran, bermain peran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 22 Aug 2011 04:47
Last Modified: 31 Oct 2011 05:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14208

Actions (login required)

View Item View Item