PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP N I Jatipurno Tahun Ajaran 2010/2011)

DARMANTO, DIDIT RHOY (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP N I Jatipurno Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (81kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan pembelajaran matematika siswa setelah menerapkan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing. Pendekatan penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Jatipurno dengan subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIB yang berjumlah 38 siswa. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif, kemudian hasil analisis tersebut disajikan secara deskriptif untuk penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan pembelajaran matematika siswa mengalami peningkatan yaitu peningkatan keaktifan siswa yang berani mengajukan pertanyaan dari sebelum tindakan sebanyak 17,16%, pada putaran III meningkat menjadi 62,92%. Siswa yang berani menjawab pertanyaan dari sebelum tindakan sebanyak 28,6%, pada putaran III meningkat menjadi 74,36%. Siswa yang memperhatikan penjelasan guru dari sebelum tindakan sebanyak 42,9%, pada putaran III meningkat menjadi 82,94%. Siswa yang bisa bekerjasama dengan baik dalam kelompoknya, dari sebelum tindakan sebanyak 42,9%, pada putaran III meningkat menjadi 68,64%. Dari data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keaktifan pembelajaran matematika siswa meningkat melalui pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembalajaran Active Knowledge Sharing.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Active Knowledge Sharing, Keaktifan Pembelajaran Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Aug 2011 05:28
Last Modified: 22 Aug 2011 05:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14207

Actions (login required)

View Item View Item