PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA KANTOR DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN KLATEN

Fitriansyah, Muhammad Nur (2011) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA KANTOR DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komitmen organisasi dan iklim organisasi secara parsial dan simultan terhadap kepuasan kerja pegawai, serta menganalisis variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan kerja pegawai Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai di Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Klaten, sebanyak 97 orang, terdiri dari 56 orang pegawai tetap berstatus Pegawai Negeri Sipil dan 41 orang pegawai berstatus tenaga kontrak. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terbatas hanya pegawai kontrak dengan jumlah pegawai sebanyak 41 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan analisis analisis data diperoleh kesimpulan (1) Komitmen organisasi dan iklim organisasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai, berarti mendukung H1. Hal ini diketahui dari uji t di mana p value < 0,05. (2) Komitmen organisasi dan iklim organisasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai, berarti mendukung H2. Hal ini diketahui dari uji F di mana p value < 0,05.(3) Komitmen organisasi mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan kerja pegawai di Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Klaten, berarti mendukung H3. Hal ini diketahui dari koefisien regresi beta komitmen organisasi (β1) sebesar 0,502 sedangkan besarnya koefisien regresi beta iklim organisasi (β2) adalah 0,393. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang didapat, maka untuk meningkatkan kepuasan kerja pegawai di Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Klaten dapat ditingkatkan melalui peningkatan komitmen organisasi dan iklim organisasi. Untuk mewujudkan tujuan tersebut organisasi disarankan memberikan penghargaan yang semakin baik kepada pegawai kontrak dan menerapkan sistem reward dan punishment yang adil.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komitmen organisasi, iklim organisasi, kepuasan kerja
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Aug 2011 06:15
Last Modified: 20 Aug 2011 06:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14202

Actions (login required)

View Item View Item