MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA LKS PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 2 EROMOKO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007

Wijayanto, Asri (2008) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA LKS PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 2 EROMOKO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A420020078.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)

Abstract

Guru sebagai subyek pembelajaran harus dapat memilih media pembelajaran yang tepat sehingga apa yeng disampaikan dapat diterima siswa dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi dengan penerapan pembelajaran menggunakan media LKS dengan materi pokok ekosistem pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Eromoko Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2006/2007. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode test, observasi dan catatan lapangan. Kelas yang digunakan dalam penelitian adalah kelas VII D SMP Negeri 2 Eromoko Kabupaten Wonogiri dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan dari siklus I sampai siklus III dan dilengkapi dengan analisa regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa. Sebelum pelaksanaan tindakan didapatkan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 2.9 setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 5.2, siklus II menigkat menjadi 5.7 dan pada siklus III meningkat menjadi 7.4. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran LKS berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0.423 point. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : dengan penerapan pembelajaran dengan menggunakan media LKS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Eromoko Kabupaten Wonogiri sebesar 6.136 point.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar dan media LKS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Jul 2008 06:47
Last Modified: 01 Feb 2011 06:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/142

Actions (login required)

View Item View Item