PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Siswa Kelas X Semester II SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)

SUGIARTO, EDY (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Siswa Kelas X Semester II SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (105kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_ALL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match pada pokok bahasan dimensi tiga. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas X.1 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 26 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah guru matematika bersama peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep dan motivasi dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match. Peningkatan pemahaman konse p siswa dapat dilihat dari : 1) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum diadakan tindakan sebesar 30,76%, di akhir tindakan mencapai 69,23%. 2) keberanian siswa bertanya mengenai materi yang belum paham sebelum diadakan tindakan sebesar 26,92%, di akhir tindakan mencapai 53,84%. 3) Kemampuan menerapkan konsep pembelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 23,07%, di akhir tindakan mencapai 50%. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari : 1) Banyaknya siswa menyampaikan pendapat sebelum tindakan sebesar 19,23%, di akhir tindakan mencapai 53,84%. 2) kemauan siswa mengerjakan soal dari guru sebelum tindakan sebesar 57,69%, di akhir tindakan mencapai 88,46%. 3) Banyak siswa yang mendapat nilai diatas KKM sebelum tindakan sebesar 57,69%, di akhir tindakan mencapai 96,15%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan dimensi tiga dapat meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Motivasi, Index Card Match.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 20 Aug 2011 03:03
Last Modified: 20 Aug 2011 03:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14190

Actions (login required)

View Item View Item