PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT ( PTK pada Siswa Kelas X SMK PSM Kedunggalar)

ANGGARANI, RESTIKA (2011) PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT ( PTK pada Siswa Kelas X SMK PSM Kedunggalar). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
RESTIKA_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (434kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
RESTIKA-DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
RESTIKA-I.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (BabII)
RESTIKA-II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] PDF (Bab III)
RESTIKA-III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (BabIV)
RESTIKA-IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab V)
RESTIKA-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Lampiran)
RESTIKA-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mendiskripsikan proses pembelajaran matematika menggunakan media berbasis komputer dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa 2). Untuk mengetahui adakah peningkatan minat belajar matematika siswa melalui penggunaan media pembelajaran berbasis komputer. Subyek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas X SMK PSM Kedunggalar dengan dibantu oleh Kepala Sekolah dalam perencanaan dan seluruh siswa kelas X Pm 1 SMK PSM Kedunggalar yang berjumlah 40 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang meliputi observasi dan metode bantu yang meliputi catatan lapangan dan dokumetasi. Sedangkan analisis data secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media berbasis komputer dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa yang meliputi aspek a). siswa yang mengajukan pertanyaan kepada guru meningkat dari 10% menjadi 55%, b). maju kedepan kelas untuk menyelesaikan soal-soal latihan meningkat dari 12,5% menjadi 62,5%, c). mengerjakan tugas rumah (PR) meningkat dari 37,5% menjadi 95,0%. %. Dari hasil penelitian tersebut mendukung hipotesis “jika media pembelajaran berbasis komputer telah dilaksanakan dengan tepat maka minat belajar siswa di SMK PSM Kedunggalar dalam pembelajaran matematika akan meningkat”.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat, Media berbasis komputer
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 20 Aug 2011 02:56
Last Modified: 20 Aug 2011 02:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14189

Actions (login required)

View Item View Item