PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) (PTK pada siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Polokarto)

WAHYUNI, WAHYUNI (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) (PTK pada siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Polokarto). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (214kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep segi empat dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Polokarto yang berjumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi sebagai metode pokok, serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi penyelidik. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan pemahaman konsep segi empat dalam pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe CIRC(Cooperative Integrated Reading and Composition). Hal ini dapat dilihat dari 1) Keaktifan siswa dalam bertanya sebelum tindakan sebesar 18,42% dan setelah tindakan menjadi 71,79%, 2) Mengungkapkan ide atau pendapat sebelum tindakan sebesar 10,50% dan setelah tindakan menjadi 64,10% 3) Mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan sebesar 26,31% dan setelah tindakan menjadi 76,92%, 4) Mendefinisikan suatu konsep sebelum tindakan sebesar 15,78% dan setelah tindakan menjadi 69,23%, 5) Mengekspresikan konsep tersebut termasuk contoh atau bukan contoh sebelum tindakan sebesar 23,68% dan setelah tindakan menjadi 74,35%. Dari hasil penelitian tersebut mendukung hipotesis : “Jika dalam pembelajaran matematika guru melakukan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) maka keaktifan dan kemampuan pemahaman konsep siswa akan meningkat”.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, keaktifan, pemahaman konsep, CIRC.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 20 Aug 2011 02:47
Last Modified: 20 Aug 2011 02:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14188

Actions (login required)

View Item View Item