PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENGETAHUAN MAHASISWA TERHADAP MINAT MENABUNG MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA PADA PERBANKAN SYARIAH DI SURAKARTA

WIDODO, EKO (2011) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENGETAHUAN MAHASISWA TERHADAP MINAT MENABUNG MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA PADA PERBANKAN SYARIAH DI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
b)_Halaman_Depan.pdf

Download (223kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
c)_Bab_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
d)_Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab III)
e)_Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab IV)
f)_Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab V)
g)_Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
h)_Daftar_Pustaka.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
i)_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)

Abstract

Kualitas pelayanan yang diberikan Perbankan Syariah selama ini berdasarkan prinsip-prinsip Islam merupakan keunggulan tersendiri dibandingkan perbankan konvensional dan mahasiswa Universitas Muhammdiyah Surakarta sebagai agent of change yang mempunyai pola pikir yang lebih maju dari pada masyarakat awam yang berkaitan dengan perbankan syariah yang mampu memacu dan merangsang minat mahasiswa untuk menabung di Perbakan Syariah. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan pengetahuan mahasiswa terhadap minat menabung mahasiswa Universitas Muhammdiyah Surakarta pada Perbankan Syariah di Surakarta. Manfaat penelitian ini Untuk meningkatkan pengetahuan, tentang manajemen perbankan Syariah khususnya di kualitas pelayanan perbankan Syariah dan juga meningkatkan minat nasabah perbankan Syariah. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dalam hal ini adalah mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Berdasarkan hasil dapat ditarik simpulan bahwa variabel independen kualitas pelayanan (X1) dan pengetahuan mahasiswa (X2) berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap minat menabung (Y) mahasiswa Universitas Muhammdiyah Surakarta pada perbankan syariah di Surakarta. Berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung untuk kualitas pelayanan sebesar 8,771 dan nilai thitung untuk pengetahuan mahasiswa sebesar 11,201 keduanya lebih besar dari ttabel 1,98.Sedangkan berdasarkan uji F diperoleh Fhitung sebesar 192,483 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,09. Pengetahuan mahasiswa memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap minat menabung mahasiswa Universitas Muhammdiyah Surakarta pada Perbankan Syariah di Surakarta dari pada kualitas pelayanan dilihat dari nilai koefisien regresi Pengetahuan mahasiswa sebesar 0,509 lebih besar dari kualitas pelayanan sebesar 0,363. Nilai koefisien determinasi (adjusted R2) sebesar 0,795 artinya 79,5 % minat menabung mahasiswa dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan dan pengetahuan mahasiswa sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain seperti lokasi dan lain-lain yang tidak dijelaskan dalam penelitan ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Mahasiswa, Minat Menabung, Perbankan Syariah
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Aug 2011 09:08
Last Modified: 19 Aug 2011 09:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14178

Actions (login required)

View Item View Item