ANALISIS PENGARUH DIVIDEND PER SHARE DAN EARNING PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG GO PUBLIC DI BEI TAHUN 2006 - 2008

BUDIARTO, ARY (2011) ANALISIS PENGARUH DIVIDEND PER SHARE DAN EARNING PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG GO PUBLIC DI BEI TAHUN 2006 - 2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (616kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)

Abstract

Naik turunnya harga saham tergantung dari kekuatan tarik menarik antara permintaan dan penawaran akan saham di pasar modal. Pemahaman akan harga saham dan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahannya sangat penting karena dapat memberikan informasi bagi pemodal atau calon pemodal dalam melakukan investasi berupa saham. Bagi investor, informasi tentang Earning Per Share (EPS), dan Dividen Per Share (DPS) menjadi kebutuhan yang sangat mendasar dalam kebutuhan pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Dividend Per Share ( DPS) dan Earning Per Share ( EPS) secara empiris terhadap Harga Saham (HS) pada Perusahaan yang go public di BEI baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kausal dengan populasi penelitian adalah perusahaan-perusahaan yang go public di BEI selama periode tahun 2006 sampai dengan tahun 2008. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini meliputi variabel independen yaitu Dividend Per Share (DPS) dan Earning Per Share ( EPS), sedangkan yang menjadi variabel dependen yaitu Harga Saham ( HS). Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan dari 397 perusahaan yang go public diperoleh 26 perusahaan sampel. Data yang digunakan adalah data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, Autokorelasi, dan uji heterokedastisitas. Metode statistik menggunakan analisis regresi liniear berganda, uji t (t test), uji F (F test), dan uji koefisien determinasi. Analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 13.00 Dari hasil analisis regresi liniear berganda diperoleh persamaan regresi adalah Log Y = 3,661+ 0,265 log X1 + 0,520 log X2. Dari hasil uji t variabel DPS dan EPS berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Harga Saham karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05. Dari hasil uji F, variabel DPS dan EPS berpengaruh secara simultan terhadap Harga Saham karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan uji Koefisien Determinasi (R2) diperoleh angka R- Square adalah sebesar 0,769. Hal ini berarti 76,9% variasi Harga Saham dijelaskan oleh variasi perubahan faktor-faktor DPS dan EPS. Sedangkan sisanya (100% - 76,9% = 23,1%) dijelaskan oleh variabel-variabel independen lainnya yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dividend Per Share, Earning Per Share dan Harga Saham (HS)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Aug 2011 05:00
Last Modified: 19 Aug 2011 05:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14170

Actions (login required)

View Item View Item