PENGARUH GAJI, LINGKUNGAN KERJA DAN PELATIHAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN TETAP PADA PO SEDYA MULYA DI WONOGIRI

FEBRIANTO, FERRY (2011) PENGARUH GAJI, LINGKUNGAN KERJA DAN PELATIHAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN TETAP PADA PO SEDYA MULYA DI WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh gaji, lingkungan kerja, dan pelatihan kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan tetap pada PO Sedya Mulya di Wonogiri serta untuk menguji faktor yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan kerja. Penelitian ini dilakukan di PO Sedya Mulya di Wonogiri dengan menggunakan sampel sebanyak 80 responden, yang diambil dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi: Y = 2,413 + 0,517 X1 + 0,171 X2 + 0,310 X3 + e. Hal ini diartikan bahwa variabel gaji, lingkungan kerja dan pelatihan kerja mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Apabila gaji, lingkungan kerja dan pelatihan kerja ditingkatkan maka kepuasan kerja juga akan turut meningkat. Uji pengaruh secara sendiri-sendiri menunjukkan bahwa gaji, lingkungan kerja dan pelatihan kerja secara sendiri-sendiri mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t di mana nilai t hitung > t tabel. Uji pengaruh secara bersama-sama menunjukkan bahwa gaji, lingkungan kerja dan pelatihan kerja secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja. Hal ini dibuktikan dari hasil uji F di mana nilai F hitung > F tabel. Gaji mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kepuasan kerja karena nilai koefisien regresi (? 1 = 0,517) variabel gaji paling besar dibandingkan koefisien regresi variabel lingkungan kerja (? 2 = 0,171) dan koefisien regresi variabel pelatihan kerja (? 3 = 0,310). Untuk meningkatkan kepuasan kerja pimpinan PO Sedya Mulya di Wonogiri disarankan untuk memahami kebutuhan karyawan yang dapat ditempuh melalui peningkatan gaji yang semakin memadai, mewujudkan terciptanya lingkungan kerja yang memuaskan serta mendukung pelatihan kerja karyawan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaji, Lingkungan Kerja, Pelatihan kerja dan Kepuasan Kerja.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Aug 2011 10:01
Last Modified: 18 Aug 2011 10:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14164

Actions (login required)

View Item View Item