PREDIKSI KEBANGKRUTAN BANK UNTUK MENGHADAPI DAN MENGELOLA PERUBAHAN LINGKUNGAN BISNIS DENGAN ANALISIS MODEL ALTMAN Z-SCORE (Studi Kasus Pada PT. BANK ICB BUMIPUTERA Tbk. Di BEI)

Bintoro, Arief Ady (2011) PREDIKSI KEBANGKRUTAN BANK UNTUK MENGHADAPI DAN MENGELOLA PERUBAHAN LINGKUNGAN BISNIS DENGAN ANALISIS MODEL ALTMAN Z-SCORE (Studi Kasus Pada PT. BANK ICB BUMIPUTERA Tbk. Di BEI). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
LAMPIRAN_DEPAN.pdf

Download (194kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_BELAKANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris terhadap kinerja keuangan yang menunjukan adanya penurunan yang signifikan berkaitan dengan PT Bank ICB Bumiputera Tbk selama krisis moneter dan untuk memenuhi apa saja yang menyebabkan terjadinya penurunan kinerja keuangan pada perbankan. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan menjadi bahan pertimbangan untuk memberikan alternatif perbaikan untuk menentukan perbaikan selanjutnya. Memberikan analisa kuantitatif berupa prediksi bangkrut atau tidaknya perbankan sampel. Laporan keuangan terdiri dari Neraca dan Laporan Rugi Laba. Untuk mengetahui kondisi keuangan pada perusahaan atau perbankan diperlukan analisis model Z-Score. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Neraca PT Bank ICB Bumiputera Tbk 2007-2009 dan Laporan Rugi Laba PT Bank ICB Bumiputera Tbk 2007-2009. Berdasarkan hasil perhitungan Z-Score Altman diketahui bahwa pada tahun 2007 diperoleh nilai Z-Score Altman pada PT. Bank ICB Bumiputera Tbk sebesar 0,185. Oleh karena Z-Score Altman lebih kecil dari 1, 20 (Z-Score < 1, 20) maka menunjukkan bahwa kinerja keuangan PT. Bank ICB Bumiputera Tbk dalam kondisi berpotensi bangkrut. Berdasarkan hasil perhitungan Z-Score Altman diketahui bahwa pada tahun 2008 diperoleh nilai Z-Score Altman pada PT. Bank ICB Bumiputera Tbk sebesar 0,157. Oleh karena Z-Score Altman lebih kecil dari 1, 20 (Z-Score < 1, 20) maka menunjukkan bahwa kinerja keuangan PT. Bank ICB Bumiputera Tbk dalam kondisi berpotensi bangkrut. Berdasarkan hasil perhitungan Z-Score Altman diketahui bahwa pada tahun 2009 diperoleh nilai Z-Score Altman pada PT. Bank ICB Bumiputera Tbk sebesar 0, 155. Oleh karena Z-Score Altman lebih kecil dari 1, 20 (Z-Score < 1, 20) maka menunjukkan bahwa kinerja keuangan PT. Bank ICB Bumiputera Tbk dalam kondisi berpotensi bangkrut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK B100/2011-34
Uncontrolled Keywords: neraca, rugi laba, Z-Score.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Aug 2011 06:09
Last Modified: 19 Nov 2019 02:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14151

Actions (login required)

View Item View Item