UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE TANYA JAWAB PADA SISWA KELOMPOK B DI TK AISYIYAH CABANG BLIMBING

Hidayati, Ita (2011) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE TANYA JAWAB PADA SISWA KELOMPOK B DI TK AISYIYAH CABANG BLIMBING. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.PDF

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)

Abstract

Penelitian ini brtujuan untuk mengetahui implementasi metode tanya jawab dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelompok B di TK Aisyiyah Cabang Blimbin, dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara pada siswa kelompok B di TK Aisyiyah Cabang Blimbing. Onyek penelitian ini adalah penerapan metode tanya jawab dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelompok B di TK Aisyiyah Cabang Blimbing. Desain penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sumber data dalm penelitian ini diperoleh dari siswa kelompok B TK Aisyiyah Cabang Blimbing. Metode pengumpulan dat yang digunakan dalam penelitian ini agalah wawancara, observasi langsung dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode tanya jawab dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelompok B di TK Aisyiyah Cabang Blimbing dapat dilaksanakan dengan baik. Selain itu metode tanya jawab terbukti dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelompok B di TK Aisyiyah Cabang Blimbing. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian secara keseluruhan keterampilan berbicara seperti ketepatan ucapan, pilihan kata, pandangan mata, gerak-gerik dan mimik, serta volume suara terdapat peningkatan jumlah siswa yang mempunyai keterampilan yang baik dari tiap siklus dalam penelitian ini. Di mana pada pra siklus hanya terdapat 3 siswa atau 13,6%, pada siklus I meningkat menjadi 4 siswa atau 18,2% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 17 siswa atau 77,3%. Selain itu peningkatan keterampilan berbicara siswa dalam proses pembelajaran pada penelitian ini juga ditunjukkan dengan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa mulai dari pra siklus, siklus I, siklus II. Dimana pada pra siklus hanya terdapat 5 siswa atau 22,7% siswa yang aktif, dan pada siklus I meningkat menjadi 7 siswa atau 31,8% siswa yang aktif serta pada siklus II meningkat lagi menjadi 12 siswa atau 54,5% siswa yang aktif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode tanya jawab, keterampilan berbicara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Aug 2011 05:37
Last Modified: 18 Aug 2011 05:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14150

Actions (login required)

View Item View Item