BUDAYA BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH LUAR BIASA TUNARUNGU (SLB-B) (Studi Etnografi di Kelas VII SLB-B YPPLB Ngawi Tahun 2011

Puspitasari, Rini Dewi (2011) BUDAYA BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH LUAR BIASA TUNARUNGU (SLB-B) (Studi Etnografi di Kelas VII SLB-B YPPLB Ngawi Tahun 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (67kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan budaya belajar matematika yang meliputi budaya belajar matematika siswa SLB-B sebelum proses belajar mengajar, budaya belajar matematika siswa SLB-B pada proses belajar mengajar, dan budaya belajar matematika siswa SLB-B secara mandiri. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Informan adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SLB-B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Keabsahan data digunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian (1) budaya belajar matermatika siswa SLB-B sebelum proses belajar mengajar yaitu siswa belajar berkelompok di dalam kelas untuk menyelesaikan permasalahan; (2) budaya belajar matematika siswa SLB-B pada proses belajar mengajar yaitu ketika proses pembelajaran siswa aktif dalam bertanya, mengerjakan soal dan berdiskusi kelompok, penggunaan alat peraga membuat siswa lebih aktif dan antusias dalam mengikuti pelajaran dan bahasa isyarat sering digunakan siswa ketika berdiskusi kelompok selain itu siswa menggunakan bahasa baca bibir; (3) budaya belajar matematika siswa SLB-B secara mandiri yaitu setiap siswa mempersiapkan materi sebelum pembelajaran dilaksanakan, siswa menggunakan lingkungan sekitar sebagai sarana belajar dan ketika mengerjakan PR mereka berusaha mengerjakan dengan kemampuan mereka sendiri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-31
Uncontrolled Keywords: Budaya Belajar, Sekolah Luar Biasa Tunarungu (SLB-B)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Aug 2011 05:26
Last Modified: 31 Oct 2011 04:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14149

Actions (login required)

View Item View Item