PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA GEOMETRI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING (PTK Terhadap Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2010/2011)

Sari, Niken Purnama (2011) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA GEOMETRI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING (PTK Terhadap Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (198kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) Mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika geometri melalui strategi pembelajaran Resource Based Learning, dan (2) Mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika geometri melalui strategi pembelajaran Resource Based Learning. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Colomadu, yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan motivasi belajar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator motivasi belajar meliputi: a)antusias siswa menjawab dan mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 15,625%, putaran I 37,5%, putaran II 53,125% dan di akhir tindakan 84,375%, b) antusias siswa mengerjakan soal sebelum tindakan 9,375%, putaran I 31,25%, putaran II 40,625% dan di akhir tindakan 53,125%, c) antusias siswa menyanggah dan menyetujui pernyataan sebelum tindakan 3,125%, putaran I 15,625%, putaran II 25%, dan di akhir 56,25%. dan (2) Ada peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator hasil belajar siswa yaitu siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 64 sebelum tindakan 43,75%, putaran I 46,875%, putaran II 62,5%, putaran III 81,25%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Resource Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, hasil belajar, resource based learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Aug 2011 04:18
Last Modified: 18 Aug 2011 04:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14146

Actions (login required)

View Item View Item